Youtuber Pemula Sampai dengan mendapatkan Gaji untuk Pertama Kalinya

Kalau kalian intip channel Youtube ku, atau kalo belum kalian boleh klik ini (dan jangan lupa klik tombol subsribenya juga ya :* ), kalian bisa tau kalo aku bikin channelku itu 30 Mei 2011.
bikin doang, cuma buat nontonin video-video di youtube itu. buat belajar makeup juga.

eittt gini ginih yaa aku cerita dulu

jadi 2011, tepatnya awal semester dua kuliah aku gabung di salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di kampusku yang bergerak di bidang kesenian tradisional dan aku mengambil spesialisasi menari (ceileehhh spesialisasi haha). kalo mau perform harus dong makeupan, nah karena aku ingin belajar makeup lebih dalam jadilah aku buka yutub dan nontonin video orang, yang pada saat itu belum banyak makeup tutorial video di platform manapun. ga seperti sekarang yang ulalalaaaa everybody wanna be a beauty vlogger, aren't they ?
nah joinlah diriku di youtube.

ANYWAY, andai aku tau kalo bikin video youtube itu bisa ngasilin mungkin aku udah bikin beauty video dari 2011. pasti GUE udah seterkenal nikkie tutorial wkwkwkwk 

pernah sih aku bikin tutorial video di Mei 2011 gitu. pake kamera dari laptop gue yang kalo gue gerak ke kanan, di screen malah gerak ke kiri, kebayang ?

sulita bat

secara gue ga punya kamera, dan hp-pun kameranya masih vga keknya haaha

trus ga gue edit, karena aku gaptek sih. jadi beres bikin, aku langsung upload begitu aja.

DAN jreng jreng jreng ada temen gue nonton dan MENERTAWAKANKU. Aku yang pertama kali bikin begituan, yang aku tau kalo video aku tuh jelek, tapi ditertawakan dengan dahsyatnya (hahaha ini sih gue lebay).

karena aku malu bangetttt, akhirnya ku hapus. (padahal ingin rasanya aku nontonin video gue itu LAGI)

setelah itu gue ga mau-mau lagi bikin video haha.


Nah balik lagi ke channel youtubeku, kalo kalian liat lagi ada video yg paling pertama di chanelku itu adalah yang di upload 14 Desember 2012 tuh adalah keperluan buat seleksi student exchange yang harus menampilkan "what traditional dance/instrument that you can to play " dan harus di upload di youtube.

kemudian aku upload juga video-video selanjutnya, tapi masih belum tau kalo youtube bisa ngasilin duit. 
sampai pada akhirnya, di Desember 2016 aku baru tau kalo youtube bisa menghasilkan. trus munculan keinginan buat "pengen dapet duit"

walopun banyak youtuber yang bilang "main youtube tuh buat berkarya, jangan mikirin duit"
tapi aku ga muna kalo aku ingin duit haha

walopun ada benernya juga sih,
karena ga semudah itu dapet dollar dari si youtube. kalo terlalu terobsesi pengen dapet duit instant tapi ternyata ga dapet mulu, maka kamu bakalan pesimis dan males berkarya.

tapi untung aku sabar sih, saking sabarnya aku jadi ga rajin upload haha (ini sih malas namanya).

balik lagi ke laptop !

nah karena sebelum-sebelumnya aku keponya tentang tutorial makeup, jadi aku cuma kepikiran buat bikin tutorial makeup gitu. walaupun akupun masih amateur bray wkwkw


nah terus beauty video pertamaku ku upload 11 Desember 2016 yang direkam pake hape Asus Zenfone 2 ku. 
aku juga ga rajin-rajin amat buat bikin video, makanya sampe saat artikel ini aku tulis, videoku bahkan hanya 63 video aja. 

nah ku monetize di google adsense di pertengahan tahun 2017 setelah memenuhi peraturan lama youtube yaitu harus mencapai 10.000 view untuk monetized dan sejak saat itu aku mendapatkan duit sekitar 58.000 rupiah aja.
Sampe pada Februari 2018 Youtube memperketat peraturan yang mengharuskan setiap channel mempunyai minimal 1000 subsriber dan 4000 jam tayang kalo mau di monetize. karena subscriberku hanya sekitar 280an aja, maka akunku di putus monetisasinya hiks hiks hiks

but si 58000 nya ga angus masih tersimpan dengan baik loh

dan kemudian PR ku itu adalah harus mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang !

bersyukurnya nih ya, di bulan Mei 2018 sampe Juni 2018 ada videoku yang terimbas viral gegara viralnya video-video cewe korea yang makeupan pake selotip biar pipi tirus, pake wax buat hidung mancung, nah ada video sfxku yang terkena imbas viralnya sampe sampe dalam waktu sebulan aja ku bisa menambah 3000 subscriber (so happy).

terus...

pokonya di tanggal 12 Juni 2018 channelku memenuhi kualifikasi si 1000 subsriber dan 4000 jam tayang. tapi ga sampe disitu, channel kita mesti ditinjau ulang walopun udah memenuhi syarat monetisasi. layak atau ngga. begituuu

nah terus 28 hari selanjutnya, tepatnya tanggal 10 Juli 2018, Finally akunku di terima buat monetized lagi.
beruntungnya aku yang diterima untuk monetisasi. banyak akun yang mesti nunggu berbulan-bulan, bahkan yang udah menunggu berbulan-bulanpun belum pasti di terima, ada juga yang ditolak. makanya video-video kita harus memenuhi peraturan kelayakannya.

video-videoku berlogo dollar ijo sekarang, walopun ada 2 video yang dollarnya dicoret a.k.a ga bisa di monetized.

video-videoku ada iklannya lagi sekarang :D

gapapa :) untung ga di banned juga kan ya haha

nah dari juli itu ternyata ga gampang buat memenuhi keinginan buat dapet gaji setiap bulannya. karena minimal pencairan itu adalah $100 atau 1.300.000 rupiah. dan selama 3 bulan-pun pendapatanku belum mencapai ambang pencairan. hmmm

btw, kita harus punya pin sebagai syarat verifikasi akun untuk mencairkan nanti. pin nya ini dikirim Google melalui pos. dan kita harus bersabar, karena si suratnya itu bakalan nyampe sekitar 2-4 bulan.

dan disaat aku nulis ini, aku udah dapetin pinnya 2 hari yang lalu.
suratnya itu dikirim 11 Agustus 2018 oleh si google, nyampe ke aku pada tanggal 3 November 2018. itu pun ke rumah temenku sebenernya. karena ku masukin alamat rumah temenku sebagai alamat tujuan surat hehe. dan ada ditanganku pada keesokan harinya 4 November 2018. 

kemudian pagi sebelum ini ditulis (5 November 2018), aku verifikasi PIN di akun Google Adsense ku, dan pendapatanku baru 92% aja dari ambang pembayaran. haha tapi aku udah bisa menghitung 2 minggu kedepan pendapatku udah mencapai 100% (mencapai ambang pembayaran di bulan Oktober 2018).
Btw aku sekalian verifikasi nomer rekening juga deh. biar nanti langsung masuk rekening ketika mencapai ambang pembayaran haha

alhamdulillah

jadi aku mencapai ambang pembayaran di bulan ke 4 sejak akunku di accepted monetisasinya lagi. a.k.a Juli-Oktober dan  akan ditransfer di bulan berikutnya yaitu November.

begini, dollar masuk Adsense setiap tanggal 11/12 di bulan berikutnya (kasusku berarti di 11/12 November 2018) dan akan di transfer setiap tanggal 22/23 di bulan berikutnya (kasusku berarti akan cair pada tanggal 22/23 November 2018)

alhamdulillah

Nb:
*dollar di dapet berdasarkan view, bukan subscriber
*subscriber hanya berpengaruh terhadap peluang adanya view dan engagement
*kalo dollar kita ga mencapai ambang pembayaran ($100), maka dollar kita tersimpan, tidak hangus. dan akan diakumulasikan ke pendapatan bulan berikutnya
*PIN dikirim ketika kita telah mencapai $10. dikirim otomatis ke alamat yang kita masukan di Google Adsense.

UPDATE :
untuk update lebih lengkapnya tentang perjalanan nge-youtube-ku, aku ceritain di youtube channelnya aku. you guys bisa nonton di video berikut ini


Post a Comment

7 Comments