Hal yang Perlu Diketahui Supaya Akun Instagram Terhindar dari Banned karena Hashtag

Awal Januari 2020, salah satu akun Instagramku tiba-tiba ga bisa nge-like dan komen. Setiap aku mencoba buat nge-like malah muncul bar notifikasi gini


Upload foto dan video pun bermasalah, foto dan videonya nya sih bisa berhasil diupload, tapi ga bisa pakai caption. Begitupun dengan IGTV. Kemudian aku konsultasi di salah satu grup para digital marketer, specially IG dan FB marketer. Kemudian dari beberapa insight para member, sepertinya dosa yang aku lakukan adalah karena tidak mematuhi aturan Instagram terkait penggunaan hashtag. Aku sering menggunakan hashtag atau tanda pagar atau tagar yang berulang dan karena ketidaktahuanku mengenai adanya aturan terkait pelarangan penggunaan beberapa hashtag. Diartikel ini aku mau share ke kalian mengenai tips agar kalian tidak terkena block atau banned oleh Instagram karena hashtag seperti yang pernah aku alami, yaitu :

1. Bagaimana supaya kita terhindar dari ban dan suspend
Hashtag sebenarnya merupakan hal yang sangat penting yang bisa mengarahkan orang menuju akun kita. Tapi penting untuk kita mengetahui mengenai adanya beberapa hashtag yang dilarang. Meskipun kita tidak mengetahui atau tidak sengaja menggunakan hashtag yang dilarang untuk digunakan, kita tetap bisa terkena resiko suspend. Berikut adalah tips yang perlu kita lakukan untuk mencegah pemblokiran terhadap akun Instagram kita, yaitu :

  • Jangan posting foto atau video yang bukan milik kita, atau jika harus, pastikan foto atau video tersebut diijinkan untuk di repost.
  • Jangan posting foto atau video yang mengandung unsur nudity seperti gambar organ genital, aktifitas seksual, atau gambar bugil.
  • Hindari komen, likes, follow dan share berulang dan banyak dalam waktu berdekatan. Atau bahkan menggunakan bot. Untuk likes sendiri, Intagram hanya memperbolehkan likes sebanyak 60 kali per jam. So, pastikan kita tidak melakukannya lebih daripada itu. Kemudian, khususnya untuk online shop, minimalisir komen atau interaksi berulang dan spamming.
  • Jangan melibatkan akun Instagrammu kepada hal-hal atau grup-grup haters, organisasi kriminal dan terorisme, prostitusi, membeli dan menjual senjata api ilegal dan obat-obatan terlarang. 
  • Jangan menggunakan akun Instagram untuk mengujar kebencian, mempermalukan atau menghina dan tidak menghargai privasi seseorang.
  • Jangan memposting foto atau video kecelakaan tanpa mensensornya atau bahkan memposting kecelakaan yang disebabkan oleh diri sendiri.
  • Jangan memposting foto atau video terkait suatu event dan kejadian tanpa memberi caption yang menjelaskan terkait foto atau video tersebut

2. Bagaimana cara mengetahui hashtag yang dilarang
Kita sebagai pengguna Instagram aktif, harus menghindari menggunakan hashtag yang dilarang. Berikut cara bagaimana supaya kita mengetahui suatu hashtag dilarang atau tidak :
  • Tap di icon kaca pembesar, yang mana ini akan mengarah pada eksplor

  • Ketikan hashtag yang dicari pada bar pencarian / search

  • Kalau hashtag tidak muncul di hasil pencarian, kemungkinan hashtag tersebut termasuk hashtag yang dilarang. Di Instagram, pelarangan suatu hashtag bisa saja hanya sementara. Kalau pelarangannya hanya sementara, bisa saja hashtag tersebut akan muncul di hari berikutnya.
  • Kalau hashtag muncul di hasil pencarian, untuk memastikan hashtag tersebut bisa digunakan tap recent dan lihat kapan hashtag tersebut terakhir digunakan. Jika masih beberapa menit yang lalu atau diarasa masih belum terlalu lama, hashtag tersebut dipastikan aman. Jika postingan teratasnya sudah terlalu lama, demi keamanan hindari penggunakan hashtag tersebut.

3. Bagaimana menyembunyikan hashtag di Instagram
Tidak semua orang ingin menampilkan hashtag pada postingan mereka. Penyebabnya bisa saja karena dari segi kerapihan, menghindari asumsi reach yang tidak organik atau bahkan spammed, maka kita bisa mencoba untuk menyembunyikannya. Berikut tipas yang bisa kita lakukan untuk menyembunyikan hashtag, yaitu :
  • Buka text editor atau aplikasi note
  • kemudian tekan "titik" lalu ikon "enter/return", ulangin hal yang sama sebanyak lima kali atau lebih


  • ketikan hashtag yang akan digunakan setelah "titik" kelima
  • Copy dan masuk ke aplikasi Instagram
  • pilih foto atau video yang akan dipost, buat caption dan kemudian paste text yang telah kita buat di note tadi.

4. Tools untuk mengecek banned hashtag
Menurut https://bannedhashtags.com,  saat ini ada sekitar 70.415 hashtag yang banned. Itu merupakan jumlah yang sangat besar. Maka dari itu kita perlu berhati-hati ketika akan menggunakan hashtag. Berikut beberapa tools yang bisa kita coba untuk mengecek apakah postingan di akun Instagram kita memiliki hashtag yang dibanned atau tidak. Selain itu kita juga bisa melihat daftar hashtags yang dibanned
5. Tips supaya akun kita tidak diblok
Kalau kita tidak berhati-hati atau kamu seperti aku yang baru tahu adanya pelarangan penggunaan beberapa hashtag, harus recheck postingan sebelum-sebelumnya supaya tidak terkena di-banned atau suspended. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghindari pemblokan oleh Instagram, yaitu :
  • Segera hapus hashtag yang dilarang. Jangan membuat asumsi, cek hashtag secara menyeluruh, jangan ada yang terlewat. Untuk mempermudah  apakah kita pernah menggunakan hashtag yang dilarang, kita bisa menggunakan tools diatas pada poin 4. Berikut adalah contoh penggunaan salah satu tools, yaitu iqhashtag.com ketika melakukan analisis pada salah satu akun yang terdapat banned hashtag 
pada akun diatas, terdapat 5 banned hashtag, kemudian klik untuk melihat daftar banned hashtag
setelah di klik, akan muncul seluruh banned hashtag. Aku masih menggunakan fitur gratis, sehingga hanya satu banned hashtag saja yang muncul. Pada akun diatas hashtag yang dilarang digunakan adalah #serendipitytheartist
setelah klik media (pada gambar dua), kita akan diarahkan ke postingan yang mengandung banned hashtag tersebut


  • Kita diberi "jatah" untuk bisa menggunakan 30 hashtag di setiap postingan. Tapi menggunakan 30 hashtag itu terlalu banyak. Kamu bisa dianggap spam dan berpeluang untuk di banned. Disarankan hanya menggunakan 5-12 hashtag saja. Selain itu, gunakan hashtag yang berbeda-beda untuk masing-masing post.
  • Saat ini banyak komunitas yang membuat POD untuk saling support, seperti Blog POD, Youtube channel POD, dan tentunya IGPOD. Misalnya pada grup beauty enthusiast, mereka berkumpul dan kemudian saling share link suatu post, dan semua anggota yang terdaftar harus support satu sama lain, baik liking atau commenting. Perlu diketahui, saat ini Instagram telah mengembangkan cara untuk mengetahui apakah kita menggunakan atau berpartisipasi dalam suatu POD group atau tidak.
  • Orang-orang yang menggunakan bots untuk liking atau commenting akan dianggap spam dan akunmu berpeluang untuk di blok.
  • Apabila kamu sudah mempraktikan hal-hal diatas, tetapi masih diblok, opsi lainnya ialah kamu harus me-report-nya ke Instagram support, mereka akan mengetahui apa yang telah kamu perbaiki.
  • Selanjutnya, gunakan cara-cara organik untuk menumbuhkan follower. Menggunakan bot atau membeli follower sama saja bunuh diri.

Setelah mengetahui hal-hal diatas, untuk menghindari supaya akun kita tidak terkena banned, kita perlu uji kelayakan setiap kali kita akan memposting suatu konten. Terutama dalam penggunaan hashtag. Kalau kamu mengetahui tools lain yang berfungsi untuk mengecek hashtag yang dibanned atau mengetahui daftar hashtag yang di banned, beritahu aku di kolom komentar, dan aku akan memperbarui list diatas. Thankyou anyway.

Post a Comment

0 Comments