Instagram Marketing : Panduan dan Strategi Sukses untuk Bisnis 2020




Untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis, banyak perusahaan yang menggunakan berbagai macam strategi marketing. Namun tidak dapat disangkal, saat ini konten visual-lah yang paling ampuh untuk bisa menarik calon konsumen. Apalagi di era digital saat ini, konten visual baik berupa foto, video, GIFTs, infografis dan lainnya dirasa sangat powerfullSehingga saat ini konten-konten visual yang lebih banyak digunakan oleh perusahaan, terutama perusahaan yang menggunakan salah satu platform media sosial paling popular saat ini, yaitu Instagram sebagai salah satu media pemasaran.


Source :www.socialmediatoday.com

Dari banyaknya pengguna Instagram, ada 95 juta post setiap harinya. Hal ini menjadikan tantangan tersendiri bagaimana supaya konten yang kita buat berada pada jajaran teratas. Meskipun sulit, hal ini bisa diatasi kalau kita mengetahui strategi dan trik yang tepat.

Berikut adalah 11 strategi yang bisa membantu kita sukses dengan Instagram Marketing di tahun 2020, yaitu :

1. Membuat Tampilan Profil Instagram yang Menarik 

Untuk membuat profil yang menarik, kita perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui apa dan bagaimana profil yang bisa menarik audiens. Kemudian pastikan profil kita bisa mengoptimasi bisnis dan menjangkau audiens yang tepat. Profil juga harus menyampaikan business value dan merepresentasikan identitas perusahaan dengan baik.


2. Membuat Bio Instagram yang Menarik dan Efektif

Konten di bio Instagram sangatlah penting. Maka haruslah menarik dan informatif. Berikut adalah hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan bio Instagram, yaitu :
  • Put your brand voice, kita bisa membuat perkenalan singkat mengenai perusahaan atau brand, misalnya dengan tagline atau informasi lain yang ingin kita sampaikan kepada audiens.
  • Link to your site, di Instagram, hanya di bio sajalah kita bisa menaruh link. so kita harus memanfaatkannya semaksimal mungkin. Karena fitur ini hanya memperbolehkan kita untuk menaruh satu link saja, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan kita untuk menaruh link lebih dari satu. Misalnya linktr.ee. Kita bisa menaruh link website perusahaan, link whatsapp, youtube channel dan semua link yang terkait dengan bisnis kita.
  • Tambahkan Email dan contact person. Selain itu penting untuk menaruh email atau nomor telepon bisnis kita supaya audiens bisa dengan mudah menghubungi kita.

  • Location tag. Dengan mencantumkan lokasi bisnis kita di bio, ini bisa menjadikan bisnis kita lebih mudah dicari terutama bagi bisnis yang masih mengutamakan untuk terjadinya transaksi offline. Misalnya café atau restoran.

3. Menaruh Lokasi Bisnis Kita

Penting bahwasannya untuk kita menaruh lokasi spesifik keberadaan bisnis kita. Selain di bio, kita bisa memanfaatkan location tag di setiap postingan yang kita buat dan juga di Instastory. Hal ini bertujuan supaya konsumen dan calon konsumen bisa dengan mudah mengetahui lokasi dan jangkauan bisnis kita. Baik jangkauan untuk pengiriman produk atau akses menuju toko offline kita.

4. Membuat Feed Instagram yang Cantik dan Memiliki Kesesuaian dengan Identitas Brand

Untuk membuat profil Instagram yang cantik dan menarik, kita memerlukan sumber daya yang baik untuk menciptakan suatu konten, baik dari teknik pengambilan gambar atau mendesain konten infografis, video dan lainnya.  Hal ini tidak boleh asal-asalan karena konten-konten yang dibuat akan berpengaruh terhadap citra suatu brand. Salah satu tips untuk menciptakan profil yang menarik adalah dengan membuat template yang efisien dan konsisten untuk setiap konten yang kita unggah. Hal ini bertujuan untuk menanamkan citra di benak audiens. Sehingga mereka akan mengenali betul “siapa” pemilik konten yang mereka liat tersebut. Bahkan ketika konten itu di share oleh akun lain, mereka akan mengenali bahwa kitalah pemilik konten tersebut.
Untuk menciptakan “brand personality”, konten yang diunggah di akun Instagram harus memiliki karakter yang sesuai dengan brand kita. Misalnya color grading, kontras, saturation dan lainnya itu harus konsisten di tiap-tiap konten yang kita buat. Selain itu kita juga harus memperhatikan font dan logo brand. Sehingga satu sama lainnya memiliki karakter yang sama. Intinya Stick to your branding. Jangan membuat audiens bingung.

Kita bisa menggunakan Canva untuk desain dan VSCO untuk color grading atau effect.  Sedangkan untuk konten berupa video kita bisa menggunakan Adobe Premiere, Adobe speedgrade dan untuk video editor di handphone kita bisa menggunakan inshot. Ada banyak Aplikasi dan software editing. Kita bisa menggunakan aplikasi dan software yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita dalam proses membuat konten.

5. Konsisten

Kunci sukses suatu bisnis ialah ketika brand kita tetap dikenali. Maka pastikan profil Instagram kita menarik dan bisa menarik audiens. Selain konsisten dari segi desain, kita juga harus konsisten dari segi waktu. Yang dimaksudkan disini adalah adanya keteraturan publishing. Timing yang tepat dan konsisten akan menjaga engagement tetap tinggi. Kita bisa menggunakan aplikasi scheduling untuk membuat dan menyimpan sementara gambar dan caption yang akan di post. Kita juga bisa mengatur jadwal posting untuk periode satu minggu atau satu bulan kedepan. Untuk hal ini kita bisa menggunakan aplikasi Preview app, misalnya.
6. Riset Strategi yang di Gunakan Kompetitor

Kita bisa mempelajari strategi apa yang digunakan kompetitor dan mendapatkan apa yang mereka promosikan di Instagram.
Apakah mereka menggunakan user-generated content untuk memasarkan produk mereka ?
Konten seperti apa yang mereka published ?
Seberapa sering mereka mengunggah konten ?
Bagaimana caption dan hashtag yang mereka buat ?

Kita bisa menggunakan pola ATM, amati, tiru dan modifikasi strategi yang digunakan kompetitor.

7. Membuat Caption yang Kreatif

Selain visualisasi, Caption-pun memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan suatu konten. Sehingga kita diharuskan membuat caption yang kreatif dan fresh supaya bisa menarik konsumen. Sebenarnya tidak ada aturan baku yang mengatur seberapa panjang caption yang baik. Hal ini tergantung pada audiens dan apakah caption yang dibuat sudah menyampaikan informasi yang lengkap. Namun untuk beberapa kasus, bisa saja diperlukan untuk membuat caption yang panjang seperti sharing story, edukasi tentang suatu topik tertentu dan lainnya. Yang terpenting adalah adanya value di caption yang kita buat.

Kita juga bisa menggunakan emoji pada caption yang bisa meningkatkan kesempatan orang untuk stop di konten kita.

8. Gunakan Hashtag

Hashtag masih memiliki peranan penting pada suatu konten di Instagram. Hashtag digunakan untuk tracking konten yang sedang dicari. Tapi sebelum memulai menambahkan hashtag, tentukan strategi dan lakukan riset. Berikut adalah beberapa trik yang bisa membantu kita untuk membuat dan menentukan hashtag, yaitu :
  • Kita bisa menggunakan hashtag sampai dengan 30 hashtag. Tapi semakin banyak jatah tersebut dipakai, akan membuat konten kita semakin susah di tracked. Jadi kita bisa menggunakan hashtag sebanyak 2-12 hashtag dalam satu post,
  • Gunakan hashtag yang banyak dicari setidaknya sudah melampaui 1000+ pencarian. Tapi perlu diingat, the more uses-the more competition. Jadi usahakan untuk tidak menggunakan hashtag yang terlalu banyak digunakan, misalnya hashtag yang sudah melampaui 1juta pencarian. Hal ini berguna untuk menghindari konten kita cepat tertimbun,
  • Gunakan hashtag yang spesifik dan buat hashtag brand kita. Misalnya untuk akun @indonesianmua, dibuat juga hashtag #indonesianmua,
  • Gabungkan hashtag yang relevan dengan target audiens. Misalnya ketika kita menjual kerudung, kita bisa menggunakan hashtag #hijabers,
  • Gunakan hashtag berdasarkan lokasi atau area yang ingin dijangkau. Misalnya kamu adalah Makeup artist di Jakarta, bisa menggunakan hashtag #muajakarta.

Untuk hashtag brand kita sendiri, kita bisa menaruhnya di bio dan menyarankan audiens untuk menggunakan hashtag tersebut ketika mereka membuat postingan yang related dengan brand kita.

Penting untuk diperhatikan juga -Setiap tahun, Instagram mengeluarkan daftar hashtag atau tagar yang dilarang penggunaannya. Jika kita tidak sengaja menggunakan salah satu tagar yang dilarang, maka kita akan terkena resiko suspended. Selain itu minimalisir penggunakan hashtag berulang juga ya. untuk lebih lengkapnya mengenai banned hashtag, bisa KLIK DISINI.
9. Maksimalkan Fitur IG Story dan IGTV

Seperti yang kita ketahui, saat ini Instagram story merupakan fitur instagram yang sangat populer dengan penggunaan 500 juta sories perharinya. Tidak hanya itu, dikarenakan konten video saat ini sangat diminati dan terbukti ampuh untuk keberhasilan di dunia digital marketing, fitur IGTV pun menjadi sangat popular. Tidak hanya media untuk membuktikan kreatifitas pengguna, dengan IG story dan IGTV, bisa menciptakan engagement dan trust konsumen yang tinggi terhadap brand. Untuk IG story sendiri, Instagram memberikan banyak fitur yang bisa kita manfaatkan untuk bisnis kita. Misalnya dengan fitur question atau polls, fitur ini menjembatani kita dengan audiens untuk berinteraksi. Kita bisa memberikan pertanyaan kepada mereka, mengetahui apa yang mereka inginkan dan butuhkan, juga kita bisa mendapatkan pendapat mereka yang mana itu semua bisa kita jadikan ide untuk membantu kita mengembangkan produk dan bisa membuat audiens menjadi connected emotionally dengan kita.

Ketika membuat konten di IG story, kita bisa menambah stiker, hashtag dan lokasi, ini merupakan cara simpel to get discovered oleh audiens. Untuk akun yang sudah mencapai jumlah followers 10k, kita bisa menambahkan link di story dengan fitur swipe up untuk menuju link tersebut. Misalnya ketika kita menaruh link website kita, maka audiens akan dengan mudah untuk diarahkan menuju website kita. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan trafic website.

10. Tingkatkan Engagement dengan Audiens

Jangan hanya bertujuan untuk menjual produk (hard selling), pastikan kita memiliki engagement yang kuat dengan audiens dan menarik potential audience. Hal ini sangat penting untuk eksistensi dan power bisnis kita. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan dan mempertahankan engagement dengan audiens :
  • Buat hashtag brand kita dan sarankan audiens untuk memfollow dan menggunakan hashtag tersebut.
  • Merekrut audiens yang mempunyai cukup banyak follower (influencer atau selebgram) untuk share produk atau brand kita di feed mereka (endorsement). Hal ini akan membantu kita untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Namun perlu diperhatikan untuk merekrut orang yang tepat, yaitu seseorang yang memiliki value yang sama dan sejalan dengan brand kita.
  • Menyarankan follower untuk mereview produk kita dan mengunggahnya di akun mereka.
  • Kita bisa juga share foto yang menandai terkait produk atau brand kita. Ini bisa berasal dari brand ambassador atau konsumen. Ini akan menciptakan perasaan “dihargai” di hati mereka dan mengikat mereka secara emosional.

11. Perhatikan Analytic Tools secara Berkala

Instagram sendiri sudah memberikan fitur analytic tool yang bisa kita manfaatkan. Analytic tool ini gratis asalkan kita sudah switching akun Instagram kita menjadi akun Instagram bisnis. Dari Instagram analytics tools (insight) kita bisa mendapatkan data yang bisa kita olah dan menjadi aset yang sangat penting bagi bisnis yang kita jalankan. Kita hanya perlu untuk mengeceknya secara berkala dan lakukan analisis aktivitas-aktifitas serta impact dari aktifitas yang pernah kita lakukan di akun instagram bisnis kita tersebut.  Akun bisnis ini memiliki banyak sekali fitur yang bermanfaat. misalnya kita bisa mengetahui aktivitas dan konten apa aja yang pernah kita buat dan mendapatkan data konten mana saja yang bisa menjangkau audiens yang luas dan apa saja penyebabnya, misalnya karena caption atau hashtag. Kita juga bisa mengetahui konten mana yang banyak disukai audiens, kemudian kapan waktu yang tepat untuk menggunggah konten. 
Selain dari aktivitas kita dan konten yang pernah kita buat, kita juga bisa mengetahui aktivitas dan  profil audiens kita. mulai dari latar belakang hingga kapan audiens kita lebih banyak aktif di Instagram. Sekali lagi, data itu semua adalah aset yang sangat berharga untuk perencanaan strategi Instagram Marketing kita selanjutnya.

Itu dia 11 strategi Instagram marketing yang bisa kita aplikasikan untuk tahun 2020. Termasuk didalamnya mengenai perencanaan dan bagaimana mengimplementasikanya. Semoga itu bisa membantu untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis kalian semua di tahun 2020 dan seterusnya.

Post a Comment

0 Comments