Untuk meningkatkan
pertumbuhan bisnis, banyak perusahaan yang menggunakan berbagai macam strategi
marketing. Namun tidak dapat disangkal, saat ini konten visual-lah yang paling ampuh untuk bisa menarik calon konsumen. Apalagi di era digital saat ini, konten visual baik berupa foto, video, GIFTs, infografis dan lainnya dirasa sangat powerfull. Sehingga saat ini konten-konten
visual yang lebih banyak digunakan oleh perusahaan, terutama
perusahaan yang menggunakan salah satu
platform media sosial paling popular saat ini, yaitu Instagram sebagai salah
satu media pemasaran.
Source :www.socialmediatoday.com
Dari banyaknya pengguna
Instagram, ada 95 juta post setiap harinya. Hal ini menjadikan tantangan
tersendiri bagaimana supaya konten yang kita buat berada pada jajaran teratas. Meskipun
sulit, hal ini bisa diatasi kalau kita mengetahui strategi dan trik yang tepat.
Berikut adalah 11 strategi yang bisa membantu kita sukses dengan Instagram Marketing di tahun 2020, yaitu :
1. Membuat Tampilan Profil Instagram yang Menarik
Untuk membuat
profil yang menarik, kita perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk
mengetahui apa dan bagaimana profil yang bisa menarik audiens. Kemudian pastikan
profil kita bisa mengoptimasi bisnis dan menjangkau audiens yang tepat. Profil juga harus menyampaikan business value dan merepresentasikan identitas perusahaan dengan
baik.
2. Membuat Bio Instagram yang Menarik dan Efektif
Konten
di bio Instagram sangatlah penting. Maka haruslah menarik dan informatif. Berikut
adalah hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan bio Instagram, yaitu :
- Put your brand voice, kita bisa membuat perkenalan singkat mengenai perusahaan atau brand, misalnya dengan tagline atau informasi lain yang ingin kita sampaikan kepada audiens.
- Link to your site, di Instagram, hanya di bio sajalah kita bisa menaruh link. so kita harus memanfaatkannya semaksimal mungkin. Karena fitur ini hanya memperbolehkan kita untuk menaruh satu link saja, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan kita untuk menaruh link lebih dari satu. Misalnya linktr.ee. Kita bisa menaruh link website perusahaan, link whatsapp, youtube channel dan semua link yang terkait dengan bisnis kita.
- Tambahkan Email dan contact person. Selain itu penting untuk menaruh email atau nomor telepon bisnis kita supaya audiens bisa dengan mudah menghubungi kita.
- Location tag. Dengan mencantumkan lokasi bisnis kita di bio, ini bisa menjadikan bisnis kita lebih mudah dicari terutama bagi bisnis yang masih mengutamakan untuk terjadinya transaksi offline. Misalnya café atau restoran.
3. Menaruh Lokasi Bisnis Kita
Penting
bahwasannya untuk kita menaruh lokasi spesifik keberadaan bisnis kita. Selain
di bio, kita bisa memanfaatkan location tag di setiap postingan yang kita buat
dan juga di Instastory. Hal ini bertujuan supaya konsumen dan calon konsumen
bisa dengan mudah mengetahui lokasi dan jangkauan bisnis kita. Baik jangkauan untuk pengiriman produk atau akses menuju toko offline kita.
4. Membuat Feed Instagram yang Cantik dan Memiliki Kesesuaian dengan Identitas Brand
Untuk
membuat profil Instagram yang cantik dan menarik, kita memerlukan sumber daya
yang baik untuk menciptakan suatu konten, baik dari teknik pengambilan gambar
atau mendesain konten infografis, video dan lainnya. Hal ini tidak boleh asal-asalan karena konten-konten
yang dibuat akan berpengaruh terhadap citra suatu brand. Salah
satu tips untuk menciptakan profil yang menarik adalah dengan membuat template
yang efisien dan konsisten untuk setiap konten yang kita unggah. Hal ini
bertujuan untuk menanamkan citra di benak audiens. Sehingga mereka akan
mengenali betul “siapa” pemilik konten yang mereka liat tersebut. Bahkan ketika
konten itu di share oleh akun lain, mereka akan mengenali bahwa kitalah pemilik konten tersebut.
Untuk
menciptakan “brand personality”, konten yang diunggah di akun Instagram harus memiliki karakter yang sesuai dengan brand kita. Misalnya color
grading, kontras, saturation dan lainnya itu harus konsisten di tiap-tiap
konten yang kita buat. Selain itu kita juga harus memperhatikan font dan logo
brand. Sehingga satu sama lainnya memiliki karakter yang sama. Intinya
Stick to your branding. Jangan membuat audiens bingung.
Kita bisa menggunakan Canva untuk desain dan VSCO untuk color grading atau
effect. Sedangkan untuk konten berupa
video kita bisa menggunakan Adobe Premiere, Adobe speedgrade dan untuk video
editor di handphone kita bisa menggunakan inshot. Ada banyak Aplikasi dan software editing. Kita bisa menggunakan aplikasi dan software yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan
kita dalam proses membuat konten.
5. Konsisten
Kunci sukses suatu bisnis ialah ketika brand kita tetap dikenali. Maka pastikan profil Instagram kita
menarik dan bisa menarik audiens. Selain konsisten dari segi desain, kita juga
harus konsisten dari segi waktu. Yang dimaksudkan disini adalah adanya
keteraturan publishing. Timing yang tepat dan konsisten akan menjaga
engagement tetap tinggi. Kita bisa menggunakan aplikasi scheduling untuk
membuat dan menyimpan sementara gambar dan caption yang akan di post. Kita juga
bisa mengatur jadwal posting untuk periode satu minggu atau satu bulan kedepan.
Untuk hal ini kita bisa menggunakan aplikasi Preview app, misalnya.
6. Riset Strategi yang di Gunakan Kompetitor
Kita
bisa mempelajari strategi apa yang digunakan kompetitor dan mendapatkan apa
yang mereka promosikan di Instagram.
Apakah
mereka menggunakan user-generated content untuk memasarkan produk mereka ?
Konten
seperti apa yang mereka published ?
Seberapa
sering mereka mengunggah konten ?
Bagaimana
caption dan hashtag yang mereka buat ?
Kita
bisa menggunakan pola ATM, amati, tiru dan modifikasi strategi yang digunakan
kompetitor.
7. Membuat Caption yang Kreatif
Selain
visualisasi, Caption-pun memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
keberhasilan suatu konten. Sehingga kita diharuskan membuat caption yang
kreatif dan fresh supaya bisa menarik konsumen. Sebenarnya tidak ada aturan
baku yang mengatur seberapa panjang caption yang baik. Hal ini tergantung pada
audiens dan apakah caption yang dibuat sudah menyampaikan informasi yang
lengkap. Namun untuk beberapa kasus, bisa saja diperlukan untuk membuat caption
yang panjang seperti sharing story, edukasi tentang suatu topik tertentu dan
lainnya. Yang terpenting adalah adanya value di caption yang kita buat.
Kita
juga bisa menggunakan emoji pada caption yang bisa meningkatkan kesempatan orang untuk stop di konten kita.
8. Gunakan Hashtag
Hashtag
masih memiliki peranan penting pada suatu konten di Instagram. Hashtag
digunakan untuk tracking konten yang sedang dicari. Tapi sebelum memulai
menambahkan hashtag, tentukan strategi dan lakukan riset. Berikut adalah
beberapa trik yang bisa membantu kita untuk membuat dan menentukan hashtag, yaitu :
- Kita bisa menggunakan hashtag sampai dengan 30 hashtag. Tapi semakin banyak jatah tersebut dipakai, akan membuat konten kita semakin susah di tracked. Jadi kita bisa menggunakan hashtag sebanyak 2-12 hashtag dalam satu post,
- Gunakan hashtag yang banyak dicari setidaknya sudah melampaui 1000+ pencarian. Tapi perlu diingat, the more uses-the more competition. Jadi usahakan untuk tidak menggunakan hashtag yang terlalu banyak digunakan, misalnya hashtag yang sudah melampaui 1juta pencarian. Hal ini berguna untuk menghindari konten kita cepat tertimbun,
- Gunakan hashtag yang spesifik dan buat hashtag brand kita. Misalnya untuk akun @indonesianmua, dibuat juga hashtag #indonesianmua,
- Gabungkan hashtag yang relevan dengan target audiens. Misalnya ketika kita menjual kerudung, kita bisa menggunakan hashtag #hijabers,
- Gunakan hashtag berdasarkan lokasi atau area yang ingin dijangkau. Misalnya kamu adalah Makeup artist di Jakarta, bisa menggunakan hashtag #muajakarta.
Untuk
hashtag brand kita sendiri, kita bisa menaruhnya di bio dan menyarankan
audiens untuk menggunakan hashtag tersebut ketika mereka membuat postingan
yang related dengan brand kita.
Penting untuk diperhatikan juga -Setiap tahun, Instagram mengeluarkan daftar hashtag atau tagar yang dilarang penggunaannya. Jika kita tidak sengaja menggunakan salah satu tagar yang dilarang, maka kita akan terkena resiko suspended. Selain itu minimalisir penggunakan hashtag berulang juga ya. untuk lebih lengkapnya mengenai banned hashtag, bisa KLIK DISINI.
9. Maksimalkan Fitur IG Story dan IGTV
Seperti yang
kita ketahui, saat ini Instagram story merupakan fitur instagram yang sangat
populer dengan penggunaan 500 juta sories perharinya. Tidak hanya itu,
dikarenakan konten video saat ini sangat diminati dan terbukti ampuh untuk
keberhasilan di dunia digital marketing, fitur IGTV pun menjadi sangat popular.
Tidak hanya media untuk membuktikan kreatifitas pengguna, dengan IG story dan
IGTV, bisa menciptakan engagement dan trust konsumen yang tinggi terhadap brand. Untuk IG story sendiri,
Instagram memberikan banyak fitur yang bisa kita manfaatkan untuk bisnis kita. Misalnya
dengan fitur question atau polls, fitur ini menjembatani kita dengan audiens untuk berinteraksi. Kita bisa memberikan pertanyaan kepada mereka, mengetahui
apa yang mereka inginkan dan butuhkan, juga kita bisa mendapatkan pendapat mereka yang
mana itu semua bisa kita jadikan ide untuk membantu kita mengembangkan produk
dan bisa membuat audiens menjadi connected emotionally dengan kita.
Ketika membuat
konten di IG story, kita bisa menambah stiker, hashtag dan lokasi, ini
merupakan cara simpel to get discovered oleh audiens. Untuk akun yang sudah
mencapai jumlah followers 10k, kita bisa menambahkan link di story dengan fitur
swipe up untuk menuju link tersebut. Misalnya ketika kita menaruh link website
kita, maka audiens akan dengan mudah untuk diarahkan menuju website kita. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan trafic website.
10. Tingkatkan Engagement dengan Audiens
Jangan
hanya bertujuan untuk menjual produk (hard selling), pastikan kita memiliki
engagement yang kuat dengan audiens dan menarik potential audience. Hal ini
sangat penting untuk eksistensi dan power bisnis kita. Berikut beberapa tips
untuk meningkatkan dan mempertahankan engagement dengan audiens :
- Buat hashtag brand kita dan sarankan audiens untuk memfollow dan menggunakan hashtag tersebut.
- Merekrut audiens yang mempunyai cukup banyak follower (influencer atau selebgram) untuk share produk atau brand kita di feed mereka (endorsement). Hal ini akan membantu kita untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Namun perlu diperhatikan untuk merekrut orang yang tepat, yaitu seseorang yang memiliki value yang sama dan sejalan dengan brand kita.
- Menyarankan follower untuk mereview produk kita dan mengunggahnya di akun mereka.
- Kita bisa juga share foto yang menandai terkait produk atau brand kita. Ini bisa berasal dari brand ambassador atau konsumen. Ini akan menciptakan perasaan “dihargai” di hati mereka dan mengikat mereka secara emosional.
11. Perhatikan Analytic Tools secara Berkala
Instagram sendiri sudah memberikan fitur analytic tool yang bisa kita manfaatkan. Analytic tool ini gratis asalkan kita sudah switching akun Instagram kita menjadi akun Instagram bisnis. Dari Instagram analytics tools (insight) kita bisa mendapatkan data yang bisa kita olah dan menjadi aset yang sangat penting bagi bisnis yang kita jalankan. Kita hanya perlu untuk mengeceknya secara berkala dan lakukan analisis aktivitas-aktifitas serta impact dari aktifitas yang pernah kita lakukan di akun instagram bisnis kita tersebut. Akun bisnis ini memiliki banyak sekali fitur yang bermanfaat. misalnya kita bisa mengetahui aktivitas dan konten apa aja yang pernah kita buat dan mendapatkan data konten mana saja yang bisa menjangkau audiens yang luas dan apa saja penyebabnya, misalnya karena caption atau hashtag. Kita juga bisa mengetahui konten mana yang banyak disukai audiens, kemudian kapan waktu yang tepat untuk menggunggah konten.
Selain dari aktivitas kita dan konten yang pernah kita buat, kita juga bisa mengetahui aktivitas dan profil audiens kita. mulai dari latar belakang hingga kapan audiens kita lebih banyak aktif di Instagram. Sekali lagi, data itu semua adalah aset yang sangat berharga untuk perencanaan strategi Instagram Marketing kita selanjutnya.
Selain dari aktivitas kita dan konten yang pernah kita buat, kita juga bisa mengetahui aktivitas dan profil audiens kita. mulai dari latar belakang hingga kapan audiens kita lebih banyak aktif di Instagram. Sekali lagi, data itu semua adalah aset yang sangat berharga untuk perencanaan strategi Instagram Marketing kita selanjutnya.
Itu dia 11
strategi Instagram marketing yang bisa kita aplikasikan untuk tahun 2020. Termasuk
didalamnya mengenai perencanaan dan bagaimana mengimplementasikanya. Semoga itu
bisa membantu untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis kalian semua di tahun 2020 dan
seterusnya.
0 Comments