Ada
banyak skill atau keterampilan yang harus dimiliki di dunia digital marketing.
Keterampilan ini bertujuan supaya kita bisa tetap eksis dan memenangkan pasar
di era digital saat ini dan membuat kita mampu beradaptasi dengan cepat ketika
terjadi perubahan. Berikut 5 skills penting yang harus dimiliki oleh marketer di era digital marketing tahun 2020, yaitu :
DIGITAL PSYCHOLOGY
Saat
ini ada miliaran perusahaan yang melakukan pemasaran digital, baik dengan
melalui website atau media sosial. Mereka berlomba-lomba untuk menarik
perhatian konsumen supaya mau berkunjung ke media pemasaran digital yang mereka
gunakan. Selain untuk menarik perhatian konsumen baru, tantangan lainnya ialah
harus mempertahankan konsumen yang telah ada. Untuk mencapai tujuannya
tersebut, seorang marketer harus memahami emosi pelanggan dan membentuk ikatan
antara konsumen dengan produk kita. Maka
penting bagi seorang marketer untuk menguasai psikologi konsumen, masuk kedalam
pikirannya dan menganalisis perilaku mereka di media sosial. Dengan hal
tersebut, perusahaan akan bisa memenangkan dan menarik perhatian konsumen serta
membentuk loyalitas mereka.
Dari
deskripsi diatas, berarti digital psychology ini mengkombinasikan antara ilmu
psikologi dengan perilaku ekonomi manusia di era digital yang menjadi acuan
marketer dalam menganalisis aktivitas seseorang (baik calon konsumen maupun
konsumen yang telah ada) ketika berinternet seperti kesukaan atau ketidaksukaan
mereka dan mencari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sehingga kemudian
marketer akan dapat menentukan metode pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuan
perusahaan., yaitu memenangkan pasar terutama di dunia digital marketing tahun
2020.
Berikut
beberapa metode yang bisa dilakukan oleh marketer terkait dengan digital psychology,
yaitu :
Seorang
marketer harus mengerti dengan baik warna-warna yang dapat mempengaruhi pikiran
konsumen. Warna memiliki pengaruh yang kuat terhadap cara seseorang membaca dan
mengenali identitas dan konten yang dibuat. Warna juga dapat menghasilkan
perasaan dan emosi tertentu di setiap orang yang melihatnya, sehingga seorang
marketer perlu sangat berhati-hati ketika memilih warna, kontras, dan tones
untuk logo perusahaan. Dengan pemilihan warna yang tepat pada logo, kita bisa
membuat konsumen merasakan apa yang ingin kita sampaikan melalui logo.
Contohnya
warna merah yang mewakili keberanian, panas, pedas, kekuatan, agresifitas. Kemudian
warna kuning yang bisa mewakili keceriaan. Kemudian warna putih yang bisa
berarti kesucian, kedamaian, kebersihan. Warna putih juga umumnya digunakan
dalam logo yang memiliki warna berlawanan atau berkebalikan seperti pada logo
Zara, Apple, Sony dan lainnya yang menggunakan putih sebagai dasar dari logo
mereka.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioCKGtO6ZEaSp_OvaKLOIXev3XqrRAcZf6ySx8W8hvo4oB4dvD0GsARSFNk39vXmt3duZ4eDKJ3ZXTgfIJ-ZKoxQs6cr3IYm9YOje24GoFumiGWxNOyWv9ETX9Zu6rtXELgUPGaCZ8Nq7r/s320/1200px-Logo_NIKE.svg.png)
2. Influence
of trust factor
Saat
ini, di dunia digital banyak yang menyebarkan informasi dan berita palsu,
penipuan, hacker dan lain-lain. Hal tersebut membuat konsumen ragu terhadap
kredibilitas website dan konten di internet. Sehingga untuk mendapatkan
kepercayaan konsumen dan mempertahankannya sangatlah penting.
Ketika
konsumen percaya pada suatu brand, secara otomatis mereka akan membeli produk
atau jasa yang ditawarkan oleh brand tersebut. Di dunia digital marketing, kita
bisa membentuk kepercayaan konsumen dengan menggunakan data berikut dalam
strategi marketing, seperti :
- Testimonial dan review pelanggan
- Jumlah follower
- Jumlah shares di media sosial
- Dengan kisah sukses/ kepuasan konsumen kita
- Sertifikasi pihak ketiga
- Lencana keamanan
- Logo
Kita
bisa memasukan hal diatas di website atau media sosial kita dengan tujuan untuk
menarik calon konsumen baru, menarik perhatiannya dan kemudian membentuk
konversi.
3. Reciprocity method
Seorang
copywriter, biasanya menghabiskan banyak waktu untuk membuat konten yang
original dan informatif dan memiliki value mengenai website, produk dan jasa. Dengan
hal tersebut, diharapkan bisa menciptakan feedback yang baik seperti
meningkatnya pengunjung website dan menciptakan peluang terjadinya pembelian
atau konversi. Maka penting bagi seorang marketer untuk kreatif dalam
menciptakan konten baik konten berupa gambar, infografis, video, dan email.
Sukses
di digital marketing adalah tentang pembuktian eksistensi kita di dunia
digital. Studi mengenai perilaku konsumen menunjukaan bahwa dalam banyak kasus,
pembeli cenderung untuk mengikuti orang lain dalam pembelian suatu produk. Misalnya
yang bisa kita lihat dengan mudah dilihat dari banyaknya pembeli, seseorang
akan membeli makanan di warung makan yang memiliki tingkat kesibukan yang
tinggi. Hal ini dilatarbelakangi oleh pembeli yang tidak mau mengambil resiko
untuk membeli sesuatu yang baru. Mereka lebih memilih untuk mengikuti keputusan
dan review orang lain.
Dalam
kasus digital marketing, konsep psikologi mengenai perilaku pembelian konsumen ini
dapat dilihat dari istilah shares, likes, comments di media sosial. Umumnya,
post atau video yang memiliki jumlah share dan like yang tinggi akan lebih bisa
mempengaruhi orang lain. Penting juga diketahui, post atau video yang memiliki
jumlah share dan like yang tinggi di beberapa waktu pertama sejak posting akan
cenderung mendapatkan lebih banyak like lebih cepat dan menjangkau lebih luas. Sehingga
penting bagi seorang marketer untuk mengetahui waktu yang tepat untuk
memposting konten mereka.
Strategi
scarcity ini adalah salah satu strategi yang sudah dilakukan sejak lama di
dunia marketing. Strategi ini pun merupakan salah satu strategi tertua berdasarkan
pemicu emosi konsumen. Strategi ini bertujuan untuk menciptakan perasaan “takut
ketinggalan” diantara konsumen yang kemudian bisa mendorong konsumen untuk
segera membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Strategi ini bisa dilakukan
dibanyak kasus termasuk di dunia digital marketing. Misalnya dengan menawarkan
produk yang limited.
Untuk
meningkatkan perhatian dari calon pembeli, marketer perlu merencanakan strategi
yang tepat tanpa membuat mereka merasa terganggu dan sebal dengan strategi yang
kita lakukan. Salah satu cara yang paling efektif untuk menarik perhatian calon
konsumen dan mempertahankan konsumen yang telah ada adalah dengan iklan. Iklan
yang dibuat tentunya harus tepat sasaran. Selain karena efektifitas, dengan
iklan yang muncul bisa terus mengingatkan konsumen tentang brand dan produk
perusahaan.
Marketer
yang cerdik, akan mendesign iklan pop-up untuk muncul pada halaman utama
website dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas pengunjung terhadap apa
yang ingin kita sampaikan melalui iklan pop-up tersebut. Maka dari itu, iklan
harus mengandung informasi yang berguna dan relevan dengan website atau produk
kita supaya bisa menciptakan peluang konversi.
7. Decoy effect in pricing strategy
Decoy
effect in pricing strategy ini udah sejak lama digunakan oleh marketers. Secara
umum, salah satu strategi penetapan harga ini digunakan ketika perusahaan
menawarkan berbagai macam produk dengan harga yang bervariasi. Strategi ini
juga didasarkan atas analisis psikologi dan perilaku pembelian konsumen.
Strategi ini mengatur penetapan harga sedemikian rupa sehingga dengan tujuan
agar pembeli melakukan pembelian pada produk yang penjual inginkan untuk
dibeli.
8. Working of decoy effect in pricing strategy
Strategi
ini digunakan oleh perusahaan ketika perusahaan mempunyai 3 versi produk atau
lebih, namun produk ini serupa. Misalnya versi paling kecil ditawarkan dengan
harga terendah, sedangkan margin antara versi sedang dan versi terbesar tidak
terlalu signifikan. Sehingga pembeli cenderung untuk membeli produk dengan
versi paling besar karena pembeli akan mendapatkan lebih banyak produk
(kuantitas) dengan membayar lebih murah.
Strategi
marketing yang menawarkan produk gratis atau uji coba produk tidak pernah
salah. Kata “gratis” memiliki kekuatan untuk mendapatkan perhatian langsung
dengan cepat. Secara psikologi dan perilaku ekonomi, manusia akan cenderung
tertarik terhadap produk atau jasa yang mana untuk mendapatkannya mereka tidak
perlu berkorban suatu apapun. Hal ini menjadikan banyak perusahaan untuk
menawarkan produk gratis atau uji coba kepada calon konsumen.
Adapun
tantangan terbesar dari strategi ini adalah bagaimana caranya untuk menjadikan
mereka menjadi pembeli sesungguhnya. Selain pemberian penawaran terhadap target
audience yang tepat, kualitas produk juga sangat penting untuk menciptakan
minat mereka menjadi pembeli yang sesungguhnya. Jika kualitas produk kita
memenuhi ekspektasi pengguna, kemungkinan pembelian akan tinggi.
Menarik
perhatian konsumen hanyalah sebuah permulaan. Menjaganya adalah hal sulit dan
penting. Marketer harus mengerti berbagai macam faktor yang mempengaruhi
perilaku pembelian konsumen. Dengan menggunakan AI tools,
kita bisa menganalisis faktor-faktor pengaruhnya dengan baik dan terperinci.
Lebih
lanjut lagi, dengan AI tools, marketer akan menemukan pemicu yang bisa
mengarahkan konsumen untuk membeli suatu produk tertentu. AI tools juga
membantu marketer untuk menentukan list prioritas konsumen berdasarkan peluang
konversi mereka. Dengan bantuan berbagai macam AI tools, marketer bisa dengan
mudah mengetahui semua hal yang berkaitan dengan perilaku pembelian kosumen
seperti website yang dikunjungi, likes di media sosial, riwayat pembelian
terakhir, pemilihan metode pembayaran, dan lainnya.
Berikut
adalah beberapa contoh taktik digital psychology yang digunakan
- Price anchoring yang dilakukan Amazon. Amazon menetapkan harga yang merujuk konsumen untuk memutuskan kapan melakukan pembelian. Harga penjualan dinal biasanya lebih tinggi daripada harga ritel yang ditetapkan kompetitor. Sehingga konsumen akan membeli di Amazon lebih dulu untuk mendapatkan harga yang lebih rendah.
- Urgency and social proof yang dilakukan booking.com. di Industri perhotelan, social proof seperti review dan testimoni konsumen sebelumnya sangat menentukan pembelian orang lain di masa depan. Mengenai urgency, marketer di industry perhotelan fokus pada “takut ketinggalan”. Misalnya dengan menentukan tanggal dengan tawaran bonus dan insentif tertentu. Hal ini bisa meningkatkan pembelian.
CUSTOMER EXPERIENCE
Di
pasar, ada berbagai macam produk dan jasa. Baik itu produk yang sejenis ataupun
barag substitusi yang bisa saja menggeser produk kita. Sehingga marketer harus
melakukan strategi untuk memenangkan pasar. Di era digital, marketer harus
merubah mindset mereka dari menjual produk menjadi menjual pengalaman. Ketika konsumen
mendapatkan pengalaman yang baik, maka ia akan bertahan. Tapi ketika konsumen
mendapatkan pengalaman yang buruk, ia akan berpindah pada kompetitor.
Pengalaman
ini terbentuk mulai dari iklan, sales representative, pemesanan, pengiriman
produk hingga pasca-pembelian. Pengalaman yang diciptakan haruslah yang baik,
konsisten, menyenagkan, dan tidak bertentangan dengan ekspektasi konsumen. Terpenuhinya
ekspektasi konsumen atau bahkan lebih dari ekspektasi, akan menciptakan
loyalitas konsumen, repeat purchase, positif social proof dan bahkan memberikan
pengaruh untuk orang lain menjadi konsumen kita. Pengaruh ini bisa melalui testimoni dan review di media sosial maupun rujukan atau word-of-mouth.
Baca juga : 5 Strategi Menjadi Pemenang di Instagram Marketing
FRONT-END CODE
Di dunia digital
marketing, kemampuan koding sangatlah berharga. Hal ini bisa membuat semuanya
lebih efektif. Dengan mengerti dasar front-end code, bisa untuk merubah landing
pages yang dibuat dan juga bisa mengerti lebih baik untuk bagaimana memeriksa
kode-kode itu bekerja dengan baik atau tidak.
Basic html dan css
akan mengembangkan kemampuan skill teknologi
atau IT kita. Hal ini akan
membantu kita untuk :
- Terus eksis dan menonjol
- Mendapatkan hasil dan lebih produktif dalam bekerja
- Bisa bekerja lebih cepat dan mandiri
- Menjadikan komunikasi lebih baik dengan tim teknologi atau mengurangi peluang terjadinya miss-komunikasi
VIDEO MARKETING
Di
dunia digital marketing, saat ini video merupakan konten yang paling cepat
pertumbuhannya dan powerfull. Video lebih bisa menarik perhatian dan memiliki
pengaruh yang lebih besar untuk konsumen melakukan pembelian produk. Dengan video
juga, bisa meningkatkan engagement, reach, menciptakan otoritas dan menciptakan persepsi, meningkatkan SEO, serta meningkatkan penjualan. Untuk mendapatkan hal
tersebut, kita harus mengerti tentnag cara memanfaatkan video secara efektif.
Alasan
utama video lebih bisa menarik audience adalah karena video dirasa lebih
menyentuh secara personal dan menjadikan mereka lebih mudah percaya pada brand
atas apa yang mereka lihat di video. Maka skill yang dibutuhkan untuk membuat
konten video marketing ialah membuat video dan editing. Skill ini bisa
dipelajari sendiri. Bisa dimulai deari belajar bagaimana membuat intro video
yang singkat. Untuk softwarenya sendiri, bisa menggunakan editing tool seperti
adobe premiere pro , adobe speedgrade CC dan lain-lain.
DIGITAL ANALYTICS
Digital analytics is the analysis of qualitative and quantitative data from your business and the competition to drive a continual improvement of the online experience that your customer and potential customers have which translate to your desires outcomes (both online and offline). Avinash Kaushik – 2017
Digital analytics membantu kita untuk membuat
keputusan berbasis data yang lebih efektif dan membuat prediksi kapan dan
dimana target audience kita berada. Sehingga kita bisa memasang iklan dengan
tepat sasaran. Selain itu, dengan digital analytics, kita bisa menentukan
strategi bisnis yang tepat untuk masa depan.
0 Comments