Kiat - kiat Sukses Membangun Bisnis Clothing Line Berbasis Online


Bisnis online hingga saat ini sudah menjadi salah satu ranah bisnis yang paling banyak diminati oleh sebagian besar orang. Selain memberikan kemudahan dalam bertransaksi dan pemasaran, bisnis online berpotensi mendatangkan pendapatan yang cukup tinggi. Dari sisi pembelipun, belanja secara online ini memberikan banyak kemudahan. Misalnya mereka jadi bisa lebih menghemat ongkos, menghemat waktu dan bisa mendapatkan barang yang dimau tanpa perlu pergi ke tokonya langsung.
Menurut Katadata menyebutkan prediksi pembeli digital di Indonesia pada tahun 2022 mendatang meningkat jadi 43,9 juta pembeli dan pada tahun 2018 lalu tercatat sebanyak 31,6 juta pembeli digital. Besarnya jumlah tersebut menarik pebisnis dari berbagai sektor bisnis untuk memasuki ranah bisnis online. Tidak hanya bagi perusahaan yang sudah berjalan, para calon pengusaha-pun akan menuliskan “online marketing” di nomor pertama strategi marketing mereka, baik bisnis berupa barang maupun jasa.
Dengan terus meningkatnya jumlah pembeli digital membuka peluang besar bagi siapa saja untuk memulai bisnis online. Sudahkah kamu memulai bisnismu ? atau masih rencana ? atau masih bingung mau bisnis apa ? Asalkan kamu pandai melihat peluang, kamu pasti bisa menentukan bisnis apa yang akan kamu jalani.

Salah satu bisnis yang bisa kamu pilih adalah bisnis pakaian atau fashion. Bisnis ini merupakan bisnis yang tidak ada matinya, karena pakaian atau fashion merupakan salah satu kebutuhan primer manusia yang mana mereka harus memenuhi kebutuhan itu. Namun tidak hanya sebagai kebutuhan primer, banyak orang yang memburu barang-barang fashion untuk tujuan gaya hidup dan menjadikannya sebagai salah satu variable pembentuk identitas sosial mereka. Perkembangan pasar di dunia fashion yang sangat pesat dan semakin tingginya angka pembeli digital, membuat permintaan pasar fashion-pun terus meningkat. Lalu bagaimana cara memulai bisnis fashion secara online tersebut ?
Bagi kamu yang ingin memulai bisnis fashion secara online namun terkendala modal, kamu bisa mencoba untuk menjadi reseller atau dropshiper. Buat kamu yang punya cukup modal, kamu bisa langsung memulai bisnis dengan brand sendiri. Nah tulisan kali ini aku mau fokus pada kamu yang ingin memulai bisnis fashion dengan membuat brand sendiri secara online. Berikut beberapa informasi dan tips yang bisa kamu pelajari, yaitu :

1. Riset Pasar dan Rumuskan Strategi Pemasaran
Memulai suatu bisnis bukanlah hal yang hanya untuk coba-coba. Melainkan harus adanya perencanaan dan strategi yang matang. Dalam penetapan strategi bisnis ini perlu melalui tiga proses mulai dari penentuan segmen pasar (segmenting), targeting dan positioning (STP). Kita harus mengerti betul mengenai kepada siapa produk kita ditujukan supaya produk yang kita buat bisa sesuai dan diterima oleh target pasar kita. Kita bisa melakukan riset sederhana melalui media sosial dengan memperhatikan apa yang sedang laris dipasaran dan apa saja kebutuhan dan barang yang paling banyak dicari oleh potential market. dengan menentukan riset diawal, kita jadi bisa lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan. Mengingat bisnis ini berbasis online, maka harus menggunakan strategi yang sesuai dengan online marketing dan relevan dengan target market kita.
Riset pasar ini harus terus dilakukan walaupun bisnis kita sudah berjalan lama. Analaisis juga kelebihan dan kekurangan brand kita jika dibandingkan dengan brand kompetitor. Selain untuk memperbaiki kekurangan, hal ini juga berguna supaya produk kita bisa terus mengikuti trend an tetap diterima pasar karena pada dasarnya tren fashion itu terus berkembang dengan cepat.

2. Tentukan strategi pemasaran
Sama seperti menjalankan bisnis lain, dalam bisnis fashion juga perlu strategi pemasaran yang tepat. Namun seperti dijudul, kali ini kita hanya akan berfokus pada online marketing saja.. Di bisnis online, promosi menjadi lebih mudah dan murah. Hanya tentu kita perlu untuk terus belajar dan memperbaiki strategi pemasaran online yang kita lakukan (selalu update). Berikut adalah tips dan cara strategi online marketing yang bisa dilakukan untuk bisnis fashion, yaitu :
-        Membuat website
Bila kita membangun sebuah website, sebaiknya buat domain dengan nama yang mudah diingat oleh calon kosumen dan sesuai dengan brand dan produk yang dijual. Isilah website dengan foto-foto produk yang menarik dengan konsep yang sesuai dengan brand. Kita bisa menyewa fotografer professional untuk mengambil gambar produk kita agar kualitasnya maksimal. Namun jika kita belum mempunyai cukup modal untuk menggunakan jasa fotografer, kita bisa ko maksimalkan kamera yang kita punya. Kita hanya perlu melihat banyak referensi untuk menghasilkan foto yang bagus.

-        Media sosial
Saat ini untuk pasar Indonesia sendiri, sebagian besar konsumen masih senang berbelanja di media sosial. Kita bisa membuat grup media sosial yang berisi target pelanggan dan memposting grambar produk dan deskripsi di grup tersebut. Cara ini cukup efektif jika anggota grup adalah benar-benar target market yang sesuai.

-        Market place
Selain media sosial, konsumen Indonesia juga masih sangat besar minatnya untuk berbelanja melalui marketplace. Kita juga bisa mengambil peluang ini dengan membuat toko di marketplace. Seperti LAZADA, tokopedia, SHOPEE dan lainnya. Ketertarikan konsumen berbelanja di marketplace ini juga salah satunya adalah karena seringnya promo yang ditawarkan seperti gratis ongkir atau diskon.

-        Bekerja Sama dengan Influencer atau fashion blogger
Kalau kita cukup modal, kita bisa bekerja sama dengan influencer atau fashion blogger yang bisa berfungsi sebagai buzzer. Influencer memiliki kelebihan antara lain memiliki kekuatan karakter, reputasi dan persona yang mampu mempengaruhi calon pembeli. Bahkan saat ini influencer digunakan sebagai senjata yang ampuh utnuk merebut pasar. Cara ini bisa efektif, karena pasar sekarang cenderung membeli produk berdasarkan review dan rekomendasi dari orang yang mereka percaya dan mereka ikuti, seperti influencer. Dengan follower yang banyak, kita jadi bisa menjangkau pasar yang luas. Kita bisa menghubungi selebgram atau influencer yang karakternya sesuai dengan karakter dan value produk kita kemudian memintanya untuk memposting foto atau video shotout ketika mereka sedang menggunakan produk kita ke media sosial mereka atau blog mereka.
Kalau modal kita terbatas, kita bisa meminta bantuan teman yang memiliki jumlah follower atau subscriber yang banyak atau bisa juga dengan paid promote atau iklan berbayar yang kita bisa menentukan sendiri besaran bisanyanya sesuai kemampuan modal yang kita miliki.

-        Jika modal pas-pasan, gunakan system PO
Tidak memiliki cukup modal merupakan masalah yang banyak dihadapi oleh para pengusaha di awal bisnisnya. Namun untuk fashion atau clothing line, bisa diakali dengan penerapan system PO atau pre-order. Pre-order adalah cara untuk menjual suatu produk dengan mengumpulkan terlebih dahulu pesanan, kemudian meminta mereka membayar diawal, baik sebagian atau full payment. Sehingga kemudian kita bisa mempunya modal untuk biaya produksi.

Selain beberapa media pemasaran diatas, seperti yang dibahas sebelumnya ialah kunci agar produk kita banyak diminati adalah dari segi penyajian konten. Berikut tips membuat konten yang bisa menarik konsumen, yaitu :
-        Upload foto yang berkualitas
Foto yang digunakan harus berkualitas baik, jelas, tidak blur, dan diambil dari berbagai sisi. Untuk kategori fashion, disarankan untuk menggunakan model agar lebih menarik dan pembeli bisa membayangkan tampilan asli produk kita saat digunakan. Jangan lupa bungkus foto-foto dengan konsep yang sesuai dengan brand kita, sehingga feed keseluruhannya bisa menarik, baik untuk website maupun media sosial. Sehingga konsumen betah berlama-lama di feed kita dan ini akan menciptakan peluang konversi lebih dari satu item.
-        Deskripsi produk
Untuk deskripsi produk di website kita bisa menambahkan keterangan produk dengan lengkap. Mulai dari nama, kode produk, jenis material yang digunakan, ukuran dan bisa ditambahkan cara perawatan produk tersebut. Selain itu, tambahkan juga keterangan lain seperti garansi atau promo khusus tokomu.
Untuk dekripsi produk di media sosial, kita bisa menggunakan 2 cara. Pertama, beri spesifikasi produk lengkap seperti di website dengan tujuan mempersingkat waktu untuk terjadinya konversi atau yang kedua kita hanya isi dengan nama produk dan selanjutnya mengarahkan konsumen untuk menuju website kita untuk mendapatkan spesifikasi detilnya, hal ini bisa meningkatkan traffic website kita.
-      Optimasi SEO dan perhatikan algoritma media pemasaran online

3    3.Tentukan karakter dan desan produk
Menentukan desain dan karakter produk merupakan hal yang sangat penting. Setelah riset pasar, kamu bisa menentukan desain produk seperti apa yang akan kamu jual. Ada berbagai line fashion yang bisa kamu jadikan sebagai linenya bisnis fashion kamu seperti busana muslim, sport, busana pesta, wedding dress, dan lain sebagainya. Selain itu apakah kamu mau coutureready to wear atau made by order.
Kamu bisa menentukan berdasarkan dari produk yang paling diminati dipasaran, sehingga sudah dapat dipastikan produkmu akan memiliki pasar. Namun walaupun kamu memilih untuk menjual produk yang laris dipasaran, kamu juga perlu untuk menentukan ciri khas desain brand-mu dan memiliki poin unik yang menjadi daya tarik dan pembeda dari produk kompetitor. Cukup banyak konsumen yang mencari pakaian di toko online dikarenakan desainnya yang unik atau tidak pasaran. Keunikan sebuah desain baju memang jadi modal utama jika ingin produk Anda dilirik konsumen. Dengan keunikan ini juga, ketika konsumen melihat produk kita, mereka akan langsung mengenali identitas brand-mu. 
Menjalankan bisnis fashion ini juga perlu trik tertentu. Tren yang sangat cepat berubah, maka carilah referensi desain sebanyak-banyaknya di internet agar dapat membantu Anda mendapatkan inspirasi untuk mendapatkan desain baru yang lebih unik dan menarik serta untuk mendapatkan update terbaru mengenai trend fashion saat ini. Trik bagi pebisnis pemula ialah jangan terlalu banyak menumpuk stok produk jika belum memiliki banyak pelanggan. Ikuti tren yang sedang banyak dicari konsumen dan pergunakan tren sebagai indikator desain produk kita yang akan diproduksi.
4. Riset Kompetitor
Riset kompetitor juga tidak kalah penting. Ketika kita tau mau menjual baju model seperti apa, maka kita harus tahu siapa kompetitor kita. Dengan riset kompetitor kita bisa mengetahui mengenai produk dan model seperti apa yang mereka jual, range harga yang mereka tawarkan, siapa target marketnya, strategi pemasaran mereka dan lain-lain. Hal tersebut bisa menjadi referensi buat kita supaya kita bisa menyesuaikan dengan mereka dan bisa memasuki pasar yang kita tuju.

5     5. Pandai Melihat Peluang
    Pebisnis yang cerdas ialah pebisnis yang pandai melihat peluang. Seperti pada bisnis fashion konvensional, dalam bisnis onlinepun kita perlu memperhatikan momen-momen yang terjadi di area target market kita. Misalnya menjelang bulan Ramadhan, maka kit abis amemproduksi pakaian dengan edisi khusus bulan Ramadhan. Hal ini bisa menarik simpatik konsumen untuk membeli pakaian di toko online kita karena mereka juga membutuhkan pakaian tersebut untuk momen yang akan terjadi. Selain itu, kita bisa membuat promo di moment-moment yang ada seperti potongan harga di harbolnas, hari kemerdekaan, dan lainnya.
Demikianlah informasi dan tips bisnis fashion online bagi pemula yang bisa dicoba. Selamat menggeluti dunia bisnis online dan jadilah pebisnis yang handal. Good luck!


Post a Comment

0 Comments