INSTAGRAM SEO : Menggunakan ALT TEXT untuk GOOGLE SEO Dan manfaatnya

Saat ini di Instagram, kita bisa meng-costumize Alt Text untuk setiap gambar yang kita posting. Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita bahas dulu sedikit apa itu Alt Text.

Dalam bahasa internet, "Alt" berarti alternative. Jadi, Alt Text adalah alternative text. Alt Text adalah cara alternatif untuk memungkinkan foto kamu muncul juga di mesin pencarian. Alt Text ini harus benar-benar mendeskripsikan foto kamu. Tapi sebenarnya Alt Text ini tidak hanya sebatas menyediakan tempat untuk kamu menulis deskripsi, ada tujuan penting lainnya yang perlu kamu ketahui.

Namun, perlu diingat Alt Text bukanlah "copy-paste" caption loh ya.

Berikut adalah tujuan dan mafaat yang bisa kamu dapat kalau kamu menambah Alt Text pada foto di Instagram, yaitu :

1. Membantu orang yang buta untuk bisa melihat foto kamu.
As we know Instagram adalah platform visual. Kalau sebelumnya kita hanya mendeskripsikan foto pada caption, hal ini tentu sulit bagi orang buta untuk bisa melihat postingan kita di Instagram. Sedangkan kalau kita menambahkan deskripsi pada Alt Text tab, postingan kita akan bisa menjangkau orang yang buta ini. Masih bingung cara kerjanya ? Bagaimana orang buta mengakses smartphone ? coba cari tau dulu sendiri deh ya, bisa ko cari di YouTube atau Google dengan keyword "smartphone untuk orang buta" atau "cara menggunakan smartphone untuk orang buta".
Nah kalau kita menambah Alt Text, smartphone akan membacakannya untuk orang buta ini.

2. Alt Text membantu algoritma untuk mengerti apa yang ada dalam foto
Instagram sebenarnya mempunya teknologi image recognition untuk melihat dan mengetahui apa yang ada dalam foto kamu. Teknologi ini membantu Instagram untuk mengkategorikan dan menunjukan foto kamu kepada lebih banyak orang yang menyukai konten sejenis. Hal ini penting untuk memastikan postinganmu menjangkau orang yang tepat. Maka, kalau kita menambah Alt Text, algoritma bisa menjadi lebih powerful dan useful dan membantu pertumbuhan akun Instagrammu secara natural.

3. Alt Text membantu pertumbuhan akunmu dengan Google
Instagram SEO is real!
mungkin terdengar sulit, Tapi sekali kamu mengerti, maka akan menjadi sangat mudah.
SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi yang digunakan untuk mengembangkan website supaya bisa muncul di Page 1 mesin pencarian. Google misalnya.
Hal ini sekarang berlaku juga untuk Instagram (Instagram SEO). Sebagai bagian dari strategi Instagram SEO, Alt Text sangat penting dan berguna. Yang kamu perlu adalah mengisikan kata kunci di Alt Text.

Sebenarnya tanpa mengisi Alt Text, Instagram akan secara otomatis mengenai "What in on your photo" dan mereka akan menuliskan Alt text buat kamu. Tapi kita ga pernah tau seberapa akurat Alt Text yang mereka buat untuk foto kita Dan tentunya kitalah yang lebih tau dan mengeri apa yang benar-benar ada dalam foto yang kita posting. So, lebih baik kamu mengisi sendiri Alt Text nya.

Selanjutnya, aku bakalan share beberapa tips mengenai bagaimana menulis Alt Text yang baik. Tapi, sebelumnya kita pelajari dulu bagaiamana cara menambah Alt Text pada foto di Instagram.
Berikut caranya :

1. Upload foto

2. Terus klik Next, dan temukan "advanced setting", kemudian klik

3. Klik "Write Alt Text" 
Note : kamu bisa menulis maksimum 100 karakter
4. Isikan Alt Text dan kemudian klik "SAVE" setelah selesai


Kalau kamu baru tau mengenai Alt Text ketika membaca blog ini, tapi kamu ingin menambahkan Alt Text pada postingan lama-mu, berikut caranya :
1. Pilih foto yang ingin kamu tambahkan Alt text

2. Klik titik tiga pada bagian atas foto


3. Pilih "Edit"
4. Klik "Add Alt Text" pada bagian kanan-bawah foto

5. Isikan Alt Text dan kemudian klik centang biru setelah selesai

Setelah kita tau bagaimana cara menambahkan Alt text, sekarang aku mau share beberapa tips menulis Alt Text, yaitu :

1. Ketika kamu akan menulis Alt Text, pikirkan dan posisikan dirimu sebagai orang yang akan mencari dan membacanya.

2. Deskripsikan gambar se-spesifik mungkin.

3. Bayangkan seseorang sedang berada didekatmu dan melihat fotomu kemudian bertanya "apa ini ?", dan bayangkan jawaban seperti apa yang akan kamu berikan. Nah itulah yang akan kamu tulis sebagai Alt Text.

4. Pastikan kamu fokus terhadap apa yang ingin kamu tanamkan dibenak audiens mengenai image-mu.

5. Apakah ada tulisan penting dalam fotomu ? misalnya quote, maka tulislah quote tersebut menjadi Alt Text.

6. Jangan buat Alt Text terlalu panjang.

7. Tulis siapa yang ada dalam fotomu (kalau ada). Terutama kalau kamu mempunyai personal account. Misalnya Busana yang dijual adalah hasil desain klikmarina, Marina Beau.

8. Warna, kalau dalam fotomu berfokus pada suatu hal yang memiliki spesifik warna tertentu yang ingin kamu jadikan poin penting dalam gambar, maka tulislah. Misalnya kamu adalah seorang fashion influencer yang ingin mendeskripsikan produk endorsement pakaian berwarna hitam-putih, kamu bisa membuat Alt Text seperti ini : Olivia menggunakan tunik hitam putih hasil desain Marina Beau.

9. Gunakan kata kunci secara konsisten. Misalnya kamu adalah seorang fashion blogger, maka gunakan kata kunci "fashion blogger" dalam Alt Text untuk meningkatkan kesempatan menjangkau orang yang memiliki interest yang sama terkait fashion blogging.

Nah, itulah ringkasan penting terkait Instagram SEO dengan memanfaatkan Alt Text. Semoga akun kamu, baik personal account maupun business account bisa semakin bertumbuh dengan baik.

Post a Comment

0 Comments